Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Toyapakeh

  • 08 Oktober 2015
  • Dibaca: 665 Pengunjung
Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Toyapakeh

Toyapakeh memiliki hamparan terumbu karang yang sangat indah, dan di bagian selatan teluk Toyapakeh ada daerah yang sama kayanya dengan terumbu karang dan ikan warna-warni,  dan bahkan lebih baik dari teluk bagian utara. Sekumpulan besar ikan, penyu, dan kadang-kadang munculnya Mola-Mola (sunfish) yang menjadi daya tarik utama menyelam di Toyapakeh.

Malibu Point adalah salah satu situs menyelam terbaik di pulau Nusa Penida dengan terumbu abu-abu, terumbu putih, terumbu perak ditambah dengan banyaknya ikan hiu. Sementara Penida Bay adalah pelabuhan di pulau ini yang memilik pemandangan yang sangat menarik  dengan pulau-pulau karang yang memiliki bentuk yang menarik; sesuatu seperti seekor gajah tidur misalnya. Teluk ini sangat rentan untuk diselami karena arus disini cepat berubah.

Salah satu ikan yang menjadi daya tarik utama menyelam di area Nusa Penida adalah ikan Mola-Mola. Atau lebih terkenal dengan nama  Oceanic Sunfish dan termasuk dalam keluarga Centrarchidae Molidae. Mola-mola adalah ikan yang tidak biasa melihat, dan tidak memiliki ekor serta sirip. Sebaliknya ia memiliki clavus, yang dibentuk oleh perpanjangan sinar sirip punggung dan dubur. Ini menggantikan sirip ekor yang tidak terbentuk.

Mola-Mola biasanya muncul pada pertengahan Juli sampai Pertengahan September, mereka selalu muncul di sekitar tiga pulau adik Bali, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan atau Nusa Ceningan, terutama di Point Blue Corner atau Crystal Point Bay.

Diving Nusa Penida

Yang mau diving di Nusa Penida area bisa cek disini.

Akses yang dapat digunakan untuk sampai di Nusa Penida bisa melalui jalur Pantai Sanur menuju Pulau Nusa Penida menggunakan perahu motor dalam waktu 2 jam. Anda juga bisa melalui Pelabuhan Benoa-Pulau Nusa Penida dengan kapal pesiar Bounty Cruises dan Bali Hai Cruises selama 1,5 jam. Bisa juga melalui Padang Bay-Pelabuhan Mentigi, Nusa Penida dengan lama perjalanan 1,5 jam menggunakan kapal feri.

  • 08 Oktober 2015
  • Dibaca: 665 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita